Thursday, January 25, 2007

Kingston DataTraveler 1GB

Cerita ini sebenarnya hampir jadi cerita basi karena kejadiannya sudah lebih dari seminggu yang lalu. Tapi, karena misterinya belum terpecahkan, maka kuputuskan untuk mempostingnya.

Setelah Senin 8 Januari EasyDiskku mati, Ahad 14 Januari pukul 1630 akhirnya aku membeli Kingston DataTraveler 1GB seharga 160 ribu. Meski tertulis kapasitasnya 1GB, tapi pada kenyataannya kapasitasnya cuma 961MB. Di packagenya tertulis garansi 5 tahun tapi kata penjualnya garansi cuma 1 tahun. Kupikir, biasalah pasti karena birokrasi distribusi barang. Oh ya, karena harganya yang cukup murah, aku sempat takut akan keaslian barang ini. Setelah kucek di http://www.kingston.com/asia/verify baru aku yakin bahwa Kingston DataTraveler 1GB ini memang asli.

FYI, EasyDiskku mati di tangan komputer yang berada di kantor Istriku. Komputer "pembunuh" itu adalah media ke dunia maya bagi Istriku.

Dengan Kingston DataTraveler 1GB, hari Senin 15 Januari, aku nitip Istriku minta didownloadkan beberapa file mod game Freedom Force. Lumayan hemat uang, ga perlu ke warnet :) Jam 9an Kingston DataTraveler 1GB dihubungkan ke komputer "pembunuh" untuk mengambil daftar file yang harus didownload. Setelah ditinggal beraktivitas, jam 12an beberapa file sudah selesai didownload dan Istriku kembali menghubungkan Kingston DataTraveler 1GB ke komputer "pembunuh". Jam 14an, kembali setelah ditinggal beraktivitas, Kingston DataTraveler 1GB dihubungkan ke komputer "pembunuh" untuk mengambil sisa file yang kuminta kudownload. Dan inilah misteri yang belum terpecahkan, ternyata Kingston DataTraveler 1GB mengalami apa yang dialami EasyDiskku. Diam seribu bahasa.

Jam 1630, Istriku sampai di rumah. Kucoba untuk melihat apa yang terjadi pada Kingston DataTraveler 1GB. Keadaannya sama persis dengan EasyDiskku. Jadi, dalam 1 minggu, 2 flash diskku mati di komputer yang sama. Kematian EasyDiskku mungkin masih bisa diterima dengan akal karena usianya sudah 1,5 tahun. Lha kematian Kingston DataTraveler 1GB ini apa masuk akal? Dia belum ada 1 hari di tanganku, eh lha kok tiba-tiba mati.

Karena kedua flash disk itu mati di komputer yang sama, maka kesimpulan sementara komputer itulah yang menyebabkan kematian kedua flask diskku. Aku jadi teringat ketika masih pake disket ada virus bernama wyx yang merusak bootcore disket sehingga disket ga bisa diakses. Apakah sudah ada virus yang bisa merusak bootcore flash disk? Aku sudah mencoba untuk bertanya pada Uncle Google but dia belum punya jawabannya. Terpikir juga kalau tegangan pada port USB yang terlalu tinggilah penyebab matinya kedua flash diskku itu. Sampai saat aku menulis postingan ini, aku tetap belum tahu kenapa kedua flash diskku itu mati.

Satu hal yang pasti, sampai detik ini juga, Istriku belum berani menghubungkan semua USB device ke komputer "pembunuh" itu. Ini berarti selamat tinggal download gratis :(

Berita bahagia dari cerita ini adalah Kingston DataTraveler 1GB yang mati tersebut berhasil diretur dengan yang baru di hari yang sama dengan hari kematiannya. Alhamdulillah.

See U soon.

The Civilian Project - Drive.
--
Iffan Arzanul Haq
Check http://arzanulhaq.blogspot.com for more about me.

Friday, January 12, 2007

My 2006 Top 10 Freeware List

Inilah daftar 10 freeware yang aku tidak bisa hidup tanpanya sepanjang tahun 2006 :)

01. bblean 1.16z http://www.lostinthebox.com/viewtopic.php?t=2108

02. Winamp http://www.winamp.com/

03. AVG Free Edition http://free.grisoft.com/

04. IrfanView http://www.irfanview.com/

05. xplorer2 lite http://www.zabkat.com/

06. StrokeIt http://www.tcbmi.com/strokeit

07. PSPad http://www.pspad.com/index_en.html

08. Firefox http://en-us.www.mozilla.com/en-US/firefox/

09. 7-zip http://www.7-zip.org/

10. GOM Player http://www.gomplayer.com/

PS : Untuk fungsi dari freeware ini, silahkan baca di websitenya masing-masing. Kapan-kapan kalau aku sempat dan niat, akan kubuat penjelasan tentang masing-masing freeware tersebut.

See U soon.

--
Iffan Arzanul Haq
Check http://arzanulhaq.blogspot.com for more about me.

Thursday, January 11, 2007

Blogger Widget

Kemarin siang aku mengupdate blog ini sebelum memposting "Mengapa Siemens S75ku pasti lebih keren dari Siemens S75mu (part 2)". Beberapa hal baru adalah aku menambah 1 theme lagi (My Denim Lefty), menginstal 3 widget, dan menambah Links + Powered By di sidebar.

Anda belum tahu apa itu widget? Widget adalah script tambahan yang bisa mempercantik tampilan maupun menambah fungsi dari blog Anda. Dengan kata lain, widget itu sama dengan plugins (pada Winamp), add-ons (pada Firefox), maupun components (pada foobar2000). Semuanya sami mawon alias sama saja. Beda kata, tapi maksudnya sama.

3 widget yang berhasil kuinstal pada blog ini kemarin siang adalah Search widget, Recent posts widget, dan Recent comments widget. Semua widget tersebut hasil jerih payah dari http://beautifulbeta.blogspot.com dan http://hackosphere.blogspot.com. Seperti namanya, Search widget berfungsi untuk mencari kata yang ada di dalam blog ini. Recent comments widget berfungsi untuk menampilkan komentar-komentar terbaru pada postingan di blog ini. Dan Recent posts widget berfungsi untuk menampilkan postingan terbaru, termasuk postingan yang baru saja diedit.

Recent posts widget ini hampir saja tidak aku instal karena kupikir fungsinya sama dengan Blog Archive, yaitu menampilkan postingan berdasarkan urutan tanggal. Tapi ternyata saya keliru karena kenyataannya Recent posts widget menampilkan postingan berdasarkan keterbaruan postingan itu bukan berdasarkan urutan tanggal.

Jadi jika kemarin Anda memposting ke blog Anda dan tadi Anda mengedit postingan Anda yang Anda tulis sebulan yang lalu, maka postingan Anda yang Anda tulis sebulan yang lalu itu akan lebih "Recent" daripada postingan Anda kemarin. Sudah cukupkah saya membikin bingung Anda? :) Yah... semoga saja Anda tidak bingung dengan keterangan saya di atas.

Dengan tambahan 3 widget, saya merasa blog ini semakin cantik saja. Saat ini, saya sudah (agak) puas dengan tampilan blog ini, minimalis tapi penuh fungsi. Di benak saya sih masih ada hal-hal yang perlu ditambahkan pada blog ini. But real life can't wait, right?

See U soon.

Mr. Big - Not One Night.

--
Iffan Arzanul Haq
Check http://arzanulhaq.blogspot.com for more about me.

Wednesday, January 10, 2007

Mengapa Siemens S75ku pasti lebih keren dari Siemens S75mu (part 2)

Patch untuk Siemens S75 banyak jenisnya. Please see http://avkiev.kiev.ua/Siemens/Patches/s75/s75.htm for the details. Untuk menunjukkan Siemens S75ku yang telah kupatch, cara termudah adalah dengan menunjukkan screen shotnya. Hal ini tentu saja berpengaruh pada "hanya patch grafik saja yang bisa saya pamerkan" :)

Untuk menunjukkan perubahan dari patch, inilah screen shot Siemens S75ku sebelum dipatch alias asli dari Siemensnya.Dari kiri ke kanan dan atas ke bawah.
1). Idle Main Screen.
2). Switch off Menu.
3). Menu Utama.
4). Tampilan sms.
5). Tampilan Media Player.
6). Tampilan My Stuff (MultiMediaCard).

Now see this.
Screen shot hasil patching pada Idle main screen.
* Icon baterai dan sinyal menggunakan icon default dari Siemens S75 Vodafone dan icon alarm berganti menjadi icon AVG (patch Pictures add-on v5).
* Tulisan IND TELKOMSEL dihapus (patch Dynamic replacing of Provider and Sub provider name v16).
* Format tanggal berubah dari DD.MM.YYYY menjadi nama hari, tanggal, dan bulan (patch Date at the top of main screen as "Thu, 20 Apr" v11).
* Tulisan My Stuff dan My Menu (soft-keys) dihapus tapi fungsi tetap ada (patch Remove soft-keys from Main Screen).
* di bawah icon sinyal ada =75dB (patch Extra info on the main screen v8). Ini menunjukkan peak sinyal. Semakin tinggi nilainya, sinyal semakin lemah. Tanda = menunjukkan penggunaan gelombang sinyal yang sedang digunakan. = berarti GSM 1800 dan - berarti GSM 900.
* di bawah icon GPRS ada suhu baterai (patch Extra info on the main screen v8).
* di bawah icon baterai ada nilai kapasitas baterai dalam persen (patch Extra info on the main screen v8).
* di antara suhu baterai dan kapasitas baterai ada angka 1. Ini merupakan profile yang aktif (patch Extra info on the main screen v8).
* di pojok kiri bawah ada Advance Net Indicator (patch Extra info on the main screen v8). Ini menunjukkan 6 sinyal lain (dalam satu provider) yang dapat ditangkap hape. Semua ada 7 bar, bar paling kiri adalah sinyal yang sedang digunakan. Merah berarti GSM 1800 dan hijau berarti GSM 900. Semakin tinggi bar, semakin kuat sinyal.
* di pojok kanan bawah ada CPU Monitor (patch ElfLoader v1.8++ - 01.12.2006 dan CpuMon.elf). Ini menunjukkan grafik kerja CPU hape secara real time selama 50 detik. Merah = CPU kerja bukan dalam keadaan idle dan hijau sebaliknya.
* font diganti menjadi NESTO (patch NESTO_Fonts).

Want More?
See this.
Perubahan yang terjadi pada switch off menu.
* Keylock on menjadi Reload (restart seperti Windows). Perubahan ini tidak mempengaruhi kenyamanan karena fungsi keylock on tetap bisa dilakukan dengan menekan tombol # beberapa detik. Menurut pendapat saya, jika Keylock on tidak diubah menjadi Reload lah yang menyebabkan kekurangnyamanan dan memubazirkan fungsi Switch off menu.
* Ringtones off menjadi Refresh (untuk mengupdate setingan patch). Perubahan ini juga tidak mempengaruhi kenyamanan karena fungsi Ringtones off tetap bisa dilakukan dengan menekan tombol * beberapa detik.
* Perhatikan juga perubahan yang terjadi pada jenis huruf, huruf default menjadi NESTO (patch NESTO_Fonts).

Perubahan pada icon Menu Utama (patch Pictures add-on v5). Icon baru menggunakan icon BenQ-Siemens M81.

Perubahan dari font default menjadi NESTO pada tampilan sms (patch NESTO_Fonts).

Perubahan icon pada Media Player (patch Pictures add-on v5). Icon baru menggunakan icon Windows Media Player 11.
Perubahan icon pada My Stuff (MultiMediaCard) (patch Pictures add-on v5). Icon baru menggunakan icon Windows Vista.

Beberapa perubahan yang pernah kulakukan pada Siemens S75ku. Gambar kureduce kualitasnya.

Screen Shots Siemens S75ku saat aku menulis postingan ini.
Atas sebelah kiri, jika Media Player memainkan file mp3 maka ID3 Tag (title) akan muncul di layar (patch Dynamic replacing of Provider and Sub provider name v16).
Atas sebelah kanan, jika Media Player tidak diaktifkan.
Bawah sebelah kiri, idle screen.
Bawah sebelah kanan, and now, my Siemens S75 punya start menu :)
Beberapa perubahan yang baru adalah :
* ga ada lagi baterai n sinyal icon. Semua diganti dengan angka (patch Extra info on the main screen v8).
* Di pojok kanan atas, paling atas adalah suhu baterai. Di bawahnya adalah voltase baterai. Di bawahnya lagi adalah grafik suhu baterai. Semakin penuh isinya berarti baterai semakin panas. Kalau suhu mencapai 32,5 derajat Celsius, bar akan berwarna merah. Keren kan?

Sebenarnya masih sangat banyak patch-patch lainnya. Beberapa patch tidak mungkin saya perlihatkan di sini, seperti patch over clock (Speedup of mobile till 208 MHz) dan Black list (nomor yang kita masukkan ke dalam grup blacklist akan otomatis direject jika dia memanggil kita dengan pesan dari operator bahwa nomor kita sedang sibuk). Patch Black list juga bisa otomatis mereject panggilan hidden number. Bayangkan jika nomor Bos Anda yang kita masukkan ke dalam grup black list ini :)

That's all for now.

See U soon.

Steve Vai - All About Eve.

Monday, January 08, 2007

RIP My Easy Disk

Hari ini USB flash diskku, Easy Disk, diam seribu bahasa meski sudah ditancapkan ke port USB. Istriku yg mengetahui kejadian ini pertama kali, saat ia berusaha mengambil data dari My Easy Disk. Meski sudah ditancapkan ke port USB, lampu indikator My Easy Disk tetap ga nyala. Ya sudahlah, kayaknya memang sudah waktunya My Easy Disk utk pensiun.

My Easy Disk kapasitasnya 128Mb. Aku membelinya sekitar 1,5 tahun yg lalu seharga 130 ribu rupiah.

Tadi dah sempat lihat-lihat harga USB flash disk. Istri menyarankan utk beli yg kapasitasnya 1 Gb skalian. Untuk kapasitas 1 Gb paling murah harganya 160 ribu. Tapi sampai sekarang aku masih bingung antara beli USB flash disk atau RS MMC utk My Siemens S75. Solusi terbaik sih beli dua-duanya aja :) Kita lihat aja nanti jadinya gimana.

See U soon.

--
Iffan Arzanul Haq
Check http://www.arzanulhaq.cjb.net for more about me.

Saturday, January 06, 2007

Blogger 2 Theme Option

Tadi sore aku berhasil mengupdate tampilan blog ini. Setelah hampir semingguan aku berusaha memahami template baru blogger versi 2, akhirnya bisa kunikmati manfaatnya. Sekarang blog ini punya "Theme Options". Keren kan? BTW, kayaknya aku bakal mulai bikin theme-theme lainya nih.

Dengan adanya theme, aku ga perlu bingung utk mengganti tampilan blogku, biar Anda saja yg memilih tampilan blog ini seperti yg Anda suka. Semoga ada theme yg Anda sukai. Enjoy.

Check this for the details http://purplemoggy.blogspot.com/2006/12/theme-switching-with-blogger.html

--

Iffan Arzanul Haq

Check http://www.arzanulhaq.cjb.net for more about me.

Tuesday, January 02, 2007

Mengapa Siemens S75ku pasti lebih keren dari Siemens S75mu

Alasan paling mendasar kenapa aku memilih Siemens daripada merk hape
lainnya adalah karena Siemens bisa dipatch. Patch adalah kode-kode
tambahan yang dimasukkan (secara paksa) ke firmware hape Siemens.
Biasanya patch memberikan fungsi "lebih" pada hape Siemens. Mohon
bedakan antara patch dengan install software pada hape yang bersistem
operasi, misalnya Symbian atau Windows Mobile.

Dengan patch, hape Siemens akan mempunyai banyak tambahan fungsi meski
hape Siemens tidak menggunakan sistem operasi. Mohon diingat juga
bahwa aktivitas patching ini tidak didukung oleh Siemens alias jika
hape Anda error akibat aktivitas patching dan hape Anda masih dalam
masa garansi maka Siemens berhak untuk membatalkan semua garansinya.
So, beware and think twice to patch your Siemens Mobile.

Untuk menggambarkan apa itu patch, secara default hape Siemens setiap
dinyalakan akan memunculkan pesan "aircraft check" (konfirmasi apakah
hape benar-benar aman untuk dinyalakan, pencegahan hape dinyalakan di
dalam pesawat terbang). Pesan ini akan selalu muncul dan tidak bisa
dinonaktifkan karena fungsi ini berada di dalam firmware hape. Nah
dengan patch disable aircraft check, pesan ini tidak akan muncul untuk
selamanya. Patch ini cukup berguna bagi saya karena saya ga pernah dan
belum ada rencana untuk naik pesawat terbang dalam waktu dekat :)

Anda bertanya di manakah mencari patch untuk Siemens S75?
Coba surfing ke http://avkiev.kiev.ua/Siemens/Patches/s75/s75.htm atau
ke http://patches.kibab.com/patches/?ph_model=25&ph_sw=84&action=disp_patches
untuk auto update patch Siemens S75.

Seperti apakah Siemens S75ku setelah dipatch?
Just wait a little longer.

See U soon.

Nidji - Disco Lazy Time.

--
Iffan Arzanul Haq
Check http://www.arzanulhaq.cjb.net for more about me.

Monday, January 01, 2007

Happy Old New Year

Hari pertama di tahun 2007. Aku berada di Pamulang, sekitar 30 km dari
rumah, rumah barunya Anton n Tri. Di sana kami pesta bakar-bakaran
ayam n sea food. Ini sebenarnya acara arisan.

Beberapa hal penting yg terjadi di tahun 2006 adalah aku keluar dari
SMA Muhammadiyah I Yogyakarta, menikah, pindah ke Ciledug, n ngajar di
Khadijah Islamic School.

Beberapa harapanku di tahun 2007 antara lain adalah punya anak, punya
kerjaan yg lebih mapan, n kalau bisa, punya rumah.

Hope my dreams come true.

Happy New Year 2007.

See U Soon.

--
Iffan Arzanul Haq
Check http://www.arzanulhaq.cjb.net for more about me.

Blogger template 'Fundamental' by Ourblogtemplates.com 2008.

Jump to TOP

Blogger templates by OurBlogTemplates.com