Thursday, January 11, 2007

Blogger Widget

Kemarin siang aku mengupdate blog ini sebelum memposting "Mengapa Siemens S75ku pasti lebih keren dari Siemens S75mu (part 2)". Beberapa hal baru adalah aku menambah 1 theme lagi (My Denim Lefty), menginstal 3 widget, dan menambah Links + Powered By di sidebar.

Anda belum tahu apa itu widget? Widget adalah script tambahan yang bisa mempercantik tampilan maupun menambah fungsi dari blog Anda. Dengan kata lain, widget itu sama dengan plugins (pada Winamp), add-ons (pada Firefox), maupun components (pada foobar2000). Semuanya sami mawon alias sama saja. Beda kata, tapi maksudnya sama.

3 widget yang berhasil kuinstal pada blog ini kemarin siang adalah Search widget, Recent posts widget, dan Recent comments widget. Semua widget tersebut hasil jerih payah dari http://beautifulbeta.blogspot.com dan http://hackosphere.blogspot.com. Seperti namanya, Search widget berfungsi untuk mencari kata yang ada di dalam blog ini. Recent comments widget berfungsi untuk menampilkan komentar-komentar terbaru pada postingan di blog ini. Dan Recent posts widget berfungsi untuk menampilkan postingan terbaru, termasuk postingan yang baru saja diedit.

Recent posts widget ini hampir saja tidak aku instal karena kupikir fungsinya sama dengan Blog Archive, yaitu menampilkan postingan berdasarkan urutan tanggal. Tapi ternyata saya keliru karena kenyataannya Recent posts widget menampilkan postingan berdasarkan keterbaruan postingan itu bukan berdasarkan urutan tanggal.

Jadi jika kemarin Anda memposting ke blog Anda dan tadi Anda mengedit postingan Anda yang Anda tulis sebulan yang lalu, maka postingan Anda yang Anda tulis sebulan yang lalu itu akan lebih "Recent" daripada postingan Anda kemarin. Sudah cukupkah saya membikin bingung Anda? :) Yah... semoga saja Anda tidak bingung dengan keterangan saya di atas.

Dengan tambahan 3 widget, saya merasa blog ini semakin cantik saja. Saat ini, saya sudah (agak) puas dengan tampilan blog ini, minimalis tapi penuh fungsi. Di benak saya sih masih ada hal-hal yang perlu ditambahkan pada blog ini. But real life can't wait, right?

See U soon.

Mr. Big - Not One Night.

--
Iffan Arzanul Haq
Check http://arzanulhaq.blogspot.com for more about me.

0 comments:

Blogger template 'Fundamental' by Ourblogtemplates.com 2008.

Jump to TOP

Blogger templates by OurBlogTemplates.com