Thursday, January 25, 2007

Kingston DataTraveler 1GB

Cerita ini sebenarnya hampir jadi cerita basi karena kejadiannya sudah lebih dari seminggu yang lalu. Tapi, karena misterinya belum terpecahkan, maka kuputuskan untuk mempostingnya.

Setelah Senin 8 Januari EasyDiskku mati, Ahad 14 Januari pukul 1630 akhirnya aku membeli Kingston DataTraveler 1GB seharga 160 ribu. Meski tertulis kapasitasnya 1GB, tapi pada kenyataannya kapasitasnya cuma 961MB. Di packagenya tertulis garansi 5 tahun tapi kata penjualnya garansi cuma 1 tahun. Kupikir, biasalah pasti karena birokrasi distribusi barang. Oh ya, karena harganya yang cukup murah, aku sempat takut akan keaslian barang ini. Setelah kucek di http://www.kingston.com/asia/verify baru aku yakin bahwa Kingston DataTraveler 1GB ini memang asli.

FYI, EasyDiskku mati di tangan komputer yang berada di kantor Istriku. Komputer "pembunuh" itu adalah media ke dunia maya bagi Istriku.

Dengan Kingston DataTraveler 1GB, hari Senin 15 Januari, aku nitip Istriku minta didownloadkan beberapa file mod game Freedom Force. Lumayan hemat uang, ga perlu ke warnet :) Jam 9an Kingston DataTraveler 1GB dihubungkan ke komputer "pembunuh" untuk mengambil daftar file yang harus didownload. Setelah ditinggal beraktivitas, jam 12an beberapa file sudah selesai didownload dan Istriku kembali menghubungkan Kingston DataTraveler 1GB ke komputer "pembunuh". Jam 14an, kembali setelah ditinggal beraktivitas, Kingston DataTraveler 1GB dihubungkan ke komputer "pembunuh" untuk mengambil sisa file yang kuminta kudownload. Dan inilah misteri yang belum terpecahkan, ternyata Kingston DataTraveler 1GB mengalami apa yang dialami EasyDiskku. Diam seribu bahasa.

Jam 1630, Istriku sampai di rumah. Kucoba untuk melihat apa yang terjadi pada Kingston DataTraveler 1GB. Keadaannya sama persis dengan EasyDiskku. Jadi, dalam 1 minggu, 2 flash diskku mati di komputer yang sama. Kematian EasyDiskku mungkin masih bisa diterima dengan akal karena usianya sudah 1,5 tahun. Lha kematian Kingston DataTraveler 1GB ini apa masuk akal? Dia belum ada 1 hari di tanganku, eh lha kok tiba-tiba mati.

Karena kedua flash disk itu mati di komputer yang sama, maka kesimpulan sementara komputer itulah yang menyebabkan kematian kedua flask diskku. Aku jadi teringat ketika masih pake disket ada virus bernama wyx yang merusak bootcore disket sehingga disket ga bisa diakses. Apakah sudah ada virus yang bisa merusak bootcore flash disk? Aku sudah mencoba untuk bertanya pada Uncle Google but dia belum punya jawabannya. Terpikir juga kalau tegangan pada port USB yang terlalu tinggilah penyebab matinya kedua flash diskku itu. Sampai saat aku menulis postingan ini, aku tetap belum tahu kenapa kedua flash diskku itu mati.

Satu hal yang pasti, sampai detik ini juga, Istriku belum berani menghubungkan semua USB device ke komputer "pembunuh" itu. Ini berarti selamat tinggal download gratis :(

Berita bahagia dari cerita ini adalah Kingston DataTraveler 1GB yang mati tersebut berhasil diretur dengan yang baru di hari yang sama dengan hari kematiannya. Alhamdulillah.

See U soon.

The Civilian Project - Drive.
--
Iffan Arzanul Haq
Check http://arzanulhaq.blogspot.com for more about me.

0 comments:

Blogger template 'Fundamental' by Ourblogtemplates.com 2008.

Jump to TOP

Blogger templates by OurBlogTemplates.com