Monday, February 05, 2007

BBClean (New bbLean 1.16 Mod)

Zeytok, developer bbLean 1.16z, pada 6 Januari 2007 memutuskan untuk menghentikan bbLean 1.16z karena ternyata bbLean 1.16z memiliki banyak bug. Please see http://www.lostinthebox.com/viewtopic.php?p=15058#15058.

Sejarah bbLean sendiri cukup panjang. bbLean (http://bb4win.sourceforge.net/bblean/) adalah cabang dari BB4Win (http://bb4win.org/) yang dikembangkan oleh grischka. Nama bbLean dimaksudkan bahwa bbLean adalah versi "lean" dan "clean" dari BB4Win. Saya pribadi sangat kagum dengan bbLean ini. Meski ukuran filenya lebih kecil dari BB4Win tapi featurenya sangat lebih kaya dari BB4Win, seperti yang dijanjikan grischka.

Release terakhir bbLean terjadi pada 2 Mei 2005. Saya masih ingat waktu itu, demi mendownload bbLean terbaru saya sampai harus ke warnet tiap hari karena dalam satu hari bbLean bisa release lebih dari satu kali. Release berawal pada versi 1.13. Karena ada bugnya, maka langsung naik jadi 1.14, begitu seterusnya sampai versi 1.16. Proses naik versi ini terjadi begitu cepatnya, seingat saya tidak ada satu minggu.

Bagi saya, bug pada software itu adalah hal biasa. saya yakin kok developer pasti akan memperbaikinya. Seorang developer pasti tidak akan puas dengan software buatannya yang penuh dengan bug.

Kematian bbLean berawal dari postingan salah seorang pengguna bbLean pada shoutbox di website bbLean. Orang ini melukai perasaan grischka dengan menuduhnya sangat ceroboh merilis bbLean yang penuh bug. Setelah postingan ini, grischka menghapus shoutbox dan alamat email pada websitenya. Beberpa hari kemudian grischka resmi mengakhiri bbLean. Sampai tulisan ini kutulis, tidak ada yang tahu pasti di mana grischka sekarang berada. Jangankan email, nicknya di forum aja ga ada yang tahu.

Hebat ya, gara-gara satu orang, sebuah software yang begitu berguna bisa berhenti dirilis. bbLean ini freeware. Entah berapa jam yang dihabiskan grischka untuk membuatnya. Dan seorang penggunanya, yang tidak membantunya sama sekali, dengan mudah mencela hasil kerjanya.

bbLean termasuk open source software. Awal tahun 2006, mulai muncul modifikasi dari bbLean 1.16. Modifikasi ini diberi nama bbLean 1.16 Mod. Modifikasi ini dilakukan atas dasar kuatnya keinginan untuk mempunyai bbLean dengan feature yang "lebih" lagi. Mod pertama adalah penambahan volume bar pada main menu. Mod ini diikuti mod-mod lainnya yang lebih keren.

Begitu banyaknya mod yang muncul, Zeytok berusaha untuk menyatukannya dan berakhir dengan bbLean 1.16z yang penuh bug. Zeytok menyatakan bahwa copy paste source code hanya akan menghancurkan bbLean :) dan dia menghentikan bbLean 1.16z.

Jadi, sudah mati (lagi) kah bbLean sekarang? Jawabannya TIDAK. Zeytok termasuk manusia tahan banting. Dia merilis BBClean (http://www.lostinthebox.com/viewtopic.php?t=2286) di hari kematian bbLean 1.16z. Nama BBClean diambil dengan maksud bahwa sekarang bbLean tidak "lean" lagi tapi tetap "clean". Tidak "lean" karena ukurannya akan lebih besar dari bbLean akibat penambahan feature dan tetap "clean" dengan tidak copy paste pada source codenya.

Zeytok betul-betul pengembang software yang hebat. Dalam satu bulan ini BBClean sudah empat kali rilis :) Keep up the good work n thx a lot for the good freeware. Kudos Zeytok.

Pingin lihat tampilan BBClean? Please see http://www.boxshots.org/.

See U soon.

Audioslave - Seven Nation Army (White Stripes Cover - Live).

--
Iffan Arzanul Haq
Check http://arzanulhaq.blogspot.com for more about me.

0 comments:

Blogger template 'Fundamental' by Ourblogtemplates.com 2008.

Jump to TOP

Blogger templates by OurBlogTemplates.com