Wednesday, March 28, 2007

BB4Win Community 5 Year Anniversary

10 Maret 2007 kemarin, team pengembang Blackbox untuk Windows (Blackbox for Windows Development Team) dan komunitasnya merayakan 5 year anniversary. Untuk berita lebih lengkapnya silahkan cek http://www.xoblite.net/anniversary.html.

Perjalanan panjang komunitas BB4Win (Blackbox 4 Windows) dimulai dari terciptanya BB4Win, yaitu Windows shell yang stylenya berdasarkan pada Blackbox window manager untuk X Window System yang diciptakan oleh Bradley T Hughes dan Sean "Shaleh" Perry. FYI, Blackbox window manager untuk X Window System ini berjalan pada Sistem Operasi Linux.

BB4Win merupakan open source software, sehingga siapa pun boleh mengambil dan memodifikasi source codenya untuk menghasilkan software yang berbeda. Usaha memodifikasi source code untuk menghasilkan software yang berbeda ini disebut dengan "branch" (percabangan atau turunan). BB4Win mengalami percabangan menjadi bbLean dan xoblite. Meski berdasarkan pada source code yang sama, tapi Anda akan merasakan sesuatu yang sangat berbeda ketika Anda menggunakan bbLean atau xoblite. Saya pribadi lebih memilih bbLean dari pada xoblite atau pun BB4Win. Meski begitu, bisa dipastikan saya akan mencoba untuk merasakan tiap release terbaru dari xoblite dan BB4Win.

Sampai saat ini xoblite terus dikembangkan, dan dimungkinkan adanya release terbaru beberapa saat lagi, sedangkan bbLean sudah mati. Matinya bbLean bukan berarti jiwanya musnah, karena bbLean sendiri mengalami banyak percabangan. Percabangan pertama bbLean adalah bbLean Mod yang sampai detik ini masih terus dikembangkan. bbLean Mod berusaha untuk menciptakan bbLean yang lebih up 2 date n kaya fitur. Satu fitur yang paling saya suka dari bbLean Mod adalah fitur untuk menyembunyikan tray icon seperti pada taskbar konvensional :)

Percabangan kedua dari bbLean adalah bbLean 1.16z. bbLean 1.16z dibuat dengan maksud seperti bbLean Mod dan berusaha untuk "lebih" lagi. Sayangnya bbLean 1.16z ini mati karena banyaknya bug. Masalah ini bukan berita sedih karena bbLean 1.16z mengalami reinkarnasi menjadi bbClean, percabangan ketiga dari bbLean.

Percabangan keempat dari bbLean muncul awal bulan ini, yaitu bbLean 1.16 less. bbLean 1.16 less ini agak nyleneh dan berani melawan mainstream. Di saat semua berusaha menambahkan fitur untuk bbLean agar lebih up 2 date dan kaya fitur, bbLean 1.16 less justru mengurangi fitur bbLean agar lebih optimal performa dan penggunaan memorinya. bbLean 1.16 less ini sangat radikal sampai - sampai kemampuan untuk memunculkan icon dan automatic install pada bbLean dihilangkan.

Anda penasaran BB4Win manakah yang saya gunakan?
Pada awalnya saya menggunakan bbLean. Begitu bbLean Mod keluar, saya langsung jatuh cinta padanya. Setelah bbLean 1.16z keluar, saya lebih nyaman bersamanya. Dan karena bbLean 1.16z mengalami reinkarnasi menjadi bbClean, maka saya pun harus menggunakan bbClean. Tampilan desktop saya dengan bbClean terbaru bisa Anda lihat pada gambar berikut ini. Klik gambar untuk melihat ukuran aslinya (1024x768).

Keunggulan BB4Win dari Blackbox window manager untuk X Window System adalah kemampuan untuk penambahan plugins. Sebagai pengguna bbClean, saya dimanjakan dengan banyaknya plugins yang tersedia. Walau demikian, saya hanya menggunakan plugins sewajarnya saja sesuai dengan sifat saya yang minimalis. Untuk melihat tampilan bbClean yang saya gunakan lengkap dengan plugin - pluginnya, silahkan lihat gambar berikut ini. Klik gambar untuk melihat ukuran aslinya (1024x768).

Dari gambar tersebut bisa Anda lihat bbIconBox. bbIconBox saya gunakan sebagai pengganti icon yang ada di desktop pada Windows konvensional :) Saya menyeting bbIconBox ini auto hide, sehingga dia akan muncul ketika saya menaruh cursor di kiri tengah desktop. Jika cursor tidak berada di kiri tengah desktop, bbIconBox ini akan menyembunyikan diri. Kenapa saya melakukan ini? Jawabannya karena bagi saya wallpaper dibuat untuk dilihat tanpa ada apapun yang menutupinya :)

See U Soon.

0 comments:

Blogger template 'Fundamental' by Ourblogtemplates.com 2008.

Jump to TOP

Blogger templates by OurBlogTemplates.com