Saturday, November 24, 2007

Pembeli itu Raja tapi Penjual itu Dewa

Kubuntu 7.10 Gutsy Gibbon pesananku datang Sabtu 9 November 2007. Aku memesannya dari shipit.kubuntu.org Rabu 10 Oktober 2007 dan pesananku disetujui 15 Oktober 2007.

Malamnya aku langsung mencicipi Live CD Gutsy. Aku ingin sekali mengganti Feisty dengan Gutsy. Namun karena aku belum punya DVD repo Gutsy, niat itu kuurungkan. Esoknya aku ke warnet untuk memesan DVD repo di juragan.kambing.ui.edu.

Di juragan.kambing.ui.edu aku memesan DVD repo Gutsy dan Xubuntu alternate CD. Total uang yang harus kutransfer untuk mendapatkan pesananku adalah Rp. 60.500 dengan perincian DVD repo Gutsy Rp. 50.000 (5 DVD), Xubuntu alternate CD Rp. 5.000 dan ongkos kirim Rp. 5.500.

Aku memilih memesan DVD repo Gutsy dari juragan.kambing.ui.edu karena alasan letak geografis. juragan.kambing.ui.edu terletak di Depok, sekitar 35 km dari rumahku. Jadi kupikir karena letaknya dekat maka DVD repo Gutsy akan semakin cepat kumiliki. Aku tidak memilih untuk datang langsung ke juragan.kambing.ui.edu karena alasan waktu dan kesempatan. Beberapa hari itu aku benar-benar sibuk, sehingga lebih baik kehilangan 5.500 rupiah daripada kehilangan beberapa jam untuk datang langsung ke juragan.kambing.ui.edu.

Senin 12 November 2007 uang untuk menebus pesananku kutransfer. Tidak begitu lama aku langsung mengirim email konfirmasi bahwa uang sudah kutransfer. Hanya dalam hitungan menit, email balasan yang menyatakan bahwa uangku sudah diterima masuk ke inbox gmailku. Hati ini rasanya senang sekali. Perkiraanku, Selasa mereka akan membuat pesananku dan langsung mengirimnya sehingga maksimal hari Jum'at aku sudah menerima DVD repo Gutsy dan Xubuntu alternate CD.

Hari berganti hari. Setiap masuk rumah setelah pulang kerja yang pertama kucari adalah "DVD repo Gutsy dan Xubuntu alternate CD sudah sampai belum ya?". Menunggu adalah hal yang membosankan. Senin 19 November 2007, aku sudah merasa ada yang tidak beres dengan pesananku dan aku mengirim email minta penjelasan atas apa yang terjadi dengan pesananku ke alamat email yang mengkonfirmasi bahwa uang transferku sudah diterima. Aku berharap dalam hitungan menit akan ada email balasan, namun nihil sampai 2 hari lamanya.

Rabu 21 November 2007 aku kembali mengirim email minta penjelasan tentang apa yang terjadi dengan pesananku. Kali ini aku mengirim email ke email resmi juragan.kambing.ui.edu. Beberapa jam kemudian, ada email balasan yang menyatakan permintaan maaf bahwa pesananku baru mau diburning karena ada yang lupa mengubah status pesananku menjadi "sudah dibayar". Yaks .....

Aku kecewa? Tentu saja ya. Bayangkan, aku membayar 12 November, pesananku baru diproses 22 November. dan saat aku menulis postingan ini pun pesanan itu belum juga datang. Selama ini sia-sia perasaan dag dig dugku menunggu DVD repo Gutsy setiap pulang kerja. Bukannya pembeli itu raja? Kok bisa sih ada kesalahan seperti ini? Sudah berapa banyak korbannya selain aku?

Kejadian ini mengingatkanku akan kalimat yang selalu diucapkan adikku, "Pembeli itu Raja tapi Penjual itu Dewa". Gila ga tuh :)

Anyway, entah kenapa aku sudah memperkirakan akan ada kejadian seperti ini. Faktanya, Gutsy sudah kuinstall (meski tanpa DVD repo) dari Jum'at 16 November karena aku ingin secepatnya menyelesaikan pekerjaan sekolah dengan Gutsy. Esoknya aku ke warnet untuk mencari beberapa paket penting untuk kenyamanan kerjaku. Paket itu adalah nvidia-glx (driver nvidia) dan libxine1-ffmpeg (codec mp3 untuk amarok). Semua paket kudownload dari packages.ubuntu.com. nvidia-glx tidak rewel karena dia tidak meminta paket lainnya. Sedangkan libxine1-ffmpeg memerlukan libmad0, libavutil1d, libpostproc1d, dan libavcodec1d. libavcodec1d sendiri memerlukan libgsm1 untuk bisa berjalan. Total paket yang harus kudownload agar amarok bisa memainkan mp3 adalah 2,2 Mb (6 file). Setelah libxine1-ffmpeg kuinstall, ga ada masalah berarti dengan multimedia di kubuntu. Sekarang DVD pun bisa dilibas habis oleh Kaffeine.

Seperti biasa, ini snapshot dari Kubuntuku.
Kubuntu 7.10 lagi nginstall warcraft via wine. Mau main DotA :)

Kubuntu 7.10 dengan Winamp via wine

See U soon.

6 comments:

Anonymous

Pak DVD repository untuk ubuntu dan kubuntu itu sama Pak?

arzanulhaq

@ Anonymous, DVD repo untuk ubuntu, kubuntu maupun xubuntu sama aja.

tataqw

Aq dah install amarok and paket2nya, tapi tetep aja g bisa maen. Aq pake ubuntume nich friend! Gimana? Ada solusi g?

joolean

http://julian.web.id/2007-dec-23/elegi-para-juragan-kambing

Endaruji Sedyadi

Yoi, podo Kang.... Setelah menunggu berbulan-bulan akhirnya CD Pesenan Feistyku tekan juga <---- Ketinggalan banget yach.....??? Lha terus aku ngopy DVD Repo neng Distro-ne Jogja. Eeeee..... Suwi banget ra dadi2x. Malah pas aku moro udan2x, jebul DVD-ne durung di-burning..... Wah payah tenan....!!!

barb michelen

Hello I just entered before I have to leave to the airport, it's been very nice to meet you, if you want here is the site I told you about where I type some stuff and make good money (I work from home): here it is

Blogger template 'Fundamental' by Ourblogtemplates.com 2008.

Jump to TOP

Blogger templates by OurBlogTemplates.com