Tuesday, May 20, 2008

CD Hardy dari shipit

Kemarin ketika saya sampai rumah sekitar jam 17.30an, Ibu Mertua langsung menyambutku dengan, "Fan, ada kiriman untukmu tuh". Mendengar itu, saya langsung connect maksud "kiriman" adalah CD Ubuntu, Kubuntu, dan Edubuntu yang telah ku pesan via shipit. Setelah bilang terima kasih, menanyakan ongkos kirim berapa (ternyata tiga ribu), dan apakah uang ongkos kirimnya perlu diganti (Ibu bilang silahkan aja ganti, tapi 10 kali lipat ya ^-^), langsung saya menuju ke "kiriman" tersebut yang sudah dibawa Istri ke lantai dua.

Saya memesan ketiga CD tersebut pada 21 April 2008 dan pesanan diapproved esok harinya. Padahal waktu itu Hardy resmi keluar 24 April 2008, tapi seperti biasanya yang pesen via shipit udah dikirimin duluan.

Lha Anda kan sudah pake (download) Hardy, ngapain pesen via shipit segala?
Karena saya pingin punya yang versi LiveCD. Lagian rasanya nggak sreg kalau ga dapet CD dari shipit :D

Kok pesennya masing-masing cuma satu biji?
Karena sampai detik saya menulis ini, Hardy hanya ditawarkan dalam 2 pilihan, 1 CD 32-bit dan 1 CD 64-bit. Dulu jamannya Feisty, kita bisa pilih 5 buah CD skalian. Waktu Gutsy, pilihan berkurang jadi 3 CD. Eh sekarang Hardy, cuma boleh minta satu. Ga papa lah. Namanya juga gratis :D

Fotonya mana?
Ini fotonya.
CD Ubuntu, Kubuntu, dan Edubuntu asli dari shipit.

Begini setelah isinya dibongkar.

Ini nih bongkaran selanjutnya.

Ada hal baru apaan dengan CD tersebut?
Setidaknya ada dua hal baru.
Yang pertama kalau Ubuntu diboot di Windows, wubi akan nongol dan memberikan pilihan yang salah satunya adalah nginstall Ubuntu di Windows layaknya nginstal aplikasi biasa lainnya.
Yang kedua, Edubuntu sekarang berbentuk add on CD bukan LiveCD seperti yang dulu-dulu. Ini berarti untuk menikmatinya, kita harus meng"sudo apt-cdrom add" pada komputer dengan Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu maupun variant Hardy lainnya baru kemudian bisa menikmati aplikasi di dalam CD Edubuntu.

"And maybe I'm crazy
but I just can't slow down
And maybe I'm crazy
but at least I'm still around
yeah, yeah, yeah, yeah, yeah, yeah"
The Rasmus - First Day of My Life

See U soon.

1 comments:

Kurniawan

Pa Iffan, Prosedur pesan Ke Shipit tu gmn yach? Oh Iya CD Hardy nya saya di confirm ke saya ya. Tapi klo ke shipit pesen Nasi goreng kira kira dikirim gk ya...

Blogger template 'Fundamental' by Ourblogtemplates.com 2008.

Jump to TOP

Blogger templates by OurBlogTemplates.com